• Nusa Tenggara Timur

Perwira Akpol Angkatan 2000 Dominasi Upacara Penurunan Bendera HUT ke-77 RI di Kupang

Imanuel Lodja | Kamis, 18/08/2022 07:26 WIB
Perwira Akpol Angkatan 2000 Dominasi Upacara Penurunan Bendera HUT ke-77 RI di Kupang AKBP Agustinus Christmas selaku komandan upacara pada penurunan bendera di halaman rumah jabatan Gubernur Nusa Tenggara Timur bersama rekan sesama perwira Polri angkatan 2000 yang bertugas di Polda NTT di alun-alun rumah jabatan Gubernur NTT, Rabu (17/8/2022) petang.

KATANTT.COM--Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi siapapun yang dipercaya untuk menjadi bagian dalam upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Begitupun bagi perwira TNI ataupun Polri yang dipercaya untuk tampil menjadi bagian penting dalam suksesnya upacara bendera. Baik itu saat pengibaran maupun penurunan bendera.

Tak terkecuali bagi AKBP Agustinus Christmas, SIK yang dipercaya sebagai komandan upacara pada penurunan bendera di halaman rumah jabatan Gubernur Nusa Tenggara Timur yang berlangsung Rabu (17/8/2022) petang pukul 17.00 wita.

AKBP Agustinus Christmas adalah perwira polisi yang saat ini menjabat sebagai Wakil Direktur Intelkam Polda Nusa Tenggata Timur.

Sebagai perwira menengah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2000 ini AKBP Agustinus Christmas tentunya sangat bangga dipercaya mengemban tugas dalam upacara kenegaraan tersebut.

"Tentunya bangga, karena dipercaya menjadi Dan Up," ujar mantan Kapolres Alor ini usai memimpin upacara penurunan bendera tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu (17/8/2022).

Dia tak bisa menyembunyikan rasa bangganya karena telah sukses menjalankan tugasnya dihadapan ratusan peserta upacara dan Wakil Gubernur NTT, Josef Nai Soi sebagai Inspektur Upacara.

Selain Agustinus, ada tiga perwira menengah dari jajaran Polda NTT lulusan Akpol 2000 lainnya yang juga menjadi bagian dalam upacara penurunan bendera.

Mereka adalah AKBP Handrio Wicaksono, SIK sebagai cadangan komandan upacara, dan AKBP Khaerul Saleh, SIK sebagai perwira upacara dan selaku cadangan Perwira Upacara adalah AKBP Albertus Andreana, SIK.

AKBP Handrio Wicaksono yang juga mantan Kapolres Sumba Timur saat ini menjabat sebagai Kabag Faskom Biro Logistik Polda NTT.

Sedangkan AKBP Khaerul Saleh saat ini menjabat Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda NTT. Ia juga pernah menjabat sebagai Kapolres Sumba Barat dan Kapolres Belu.

AKBP Albertus Andreana yang sedang menjabat sebagai Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda NTT juga pernah menjabat sebagai Kapolres Ende, NTT.

Uniknya lagi keempat perwira menengah polisi itu juga berasal dari satu batalyon yang sama ketika mengecap pendidikan di Akademi Kepolisian.

Batalyon tersebut adalah Batalyon Sanika Satyawada yang lulus pada tahun 2000. Menurut keempat perwira tersebut, ini adalah hal yang luar biasa dan pertama kali terjadi. Semua perangkat upacara dan cadangannya berasal adalah satu angkatan yang sama.

"Dan ini membuat bangga di angkatan Akpol tahun 2000, khususnya batalyon Sanika Satyawada," kata Agustinus.

Ia menyebutkan ini sangat jarang terjadi dalam sebuah upacara kenegaraan seperti upacara 17-an saat ini.

Menurut Agustinus, bersama ketiga rekannya yang seangkatan tak pernah membayangkan dipercaya dalam upacara penurunan bendera tahun 2022 ini.

Dan persiapan yang dilakukan adalah terutama dari mental dan stamina. "Menjalani latihan yang cukup panjang sekitar dua pekan sehingga butuh mental dan kesehatan fisik yang cukup baik," tandas pria asal Maluku ini.

Keempat pamen Polda NTT Akpol tahun 2000 itu juga berterimakasih kepada Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Setyo Budiyanto, SH, MH, yang selalu memberi motivasi bagi mereka dan memberikan kepercayaan bagi mereka untuk menjadi perwira upacara dan komandan upacara.

"Terimakasih buat bapak Kapolda (NTT) yang selalu mendukung dan telah mempercayakan kami berempat," kata Agustinus.

Upacara penurunan bendera tingkat Provinsi NTT berlangsung Rabu sore pukul 17.00 wita di halaman rumah jabatan Gubernur NTT.

Dalam upacara penurunan bendera tersebut bertindak selaku inspektur upacara adalah Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi.

Sebelum pada Rabu (17/8/2022) pagi, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat menjadi Inspektur Upacara pada upacara memperingati detik-detik proklamasi ke-77 tahun 2022 di alun-alun rumah jabatan Gubernur NTT jalan El Tari Kota Kupang.

FOLLOW US