• Nusa Tenggara Timur

George Hadjoh Dilantik jadi Penjabat Wali Kota Kupang

Imanuel Lodja | Senin, 22/08/2022 18:12 WIB
 George Hadjoh Dilantik jadi Penjabat Wali Kota Kupang Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat atas nama Menteri Dalam Negeri saat melantik George Melkianus Hadjoh sebagai penjabat Wali Kota Kupang Senin (22/8/2022)

KATANTT.COM--Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat atas nama Menteri Dalam Negeri, melantik George Melkianus Hadjoh sebagai penjabat Wali Kota Kupang Senin (22/8/2022) pukul 14.00 wita.

Pengangkatan Penjabat Walikota Kupang tersebut dilakukan setelah masa jabatan Wali Kota Kupang Jeffriston Riwu Kore dan Wakil Walikota Kupang, Hermanus Man berakhir pada 22 Agustus 2022 setelah menjabat lima tahun sejak 2017 lalu.

Pelantikan penjabat Wali Kota Kupang, diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda NTT, Erni Usboko.

Pengangkatan George Melkianus Hadjoh sebagai Penjabat Wali Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur tersebut, tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri, Nomor: 131.83.5116 tertanggal 12 Agustus 2022 tentang pengangkatan Penjabat Wali Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara.

Menteri Dalam Negeri juga mengeluarkan Surat Keputusan Pemberhentian Dengan Hormat Jefirstston Riwu Kore sebagai Wali Kota Kupang dan Hermanus Man sebagai Wakil Wali Kota Kupang terhitung mulai Senin 22 Agustus 2022 karena telah selesai masa jabatan.

Dalam surat keputusan Mendagri yang dibacakan Asisten I Setda NTT, Erni Usboko juga disebutkan enam tugas Penjabat Walikota yang harus dilaksanakan.

Salah satunya adalah menyiapkan pelaksanaan pemilihan umum 2024. Baik itu pemilu legislatif dan pemilu presiden maupun Pemilu Kepala Daerah.

"Memfasilitasi persiapan pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 dan Pilkada di Kota Kupang Tahun 2024 serta menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara" ucap Erni Usboko.

Penjabat Wali Kota Kupang, George Melkianus Hadjoh sebelumnya adalah Kepala Biro Umum di Sekretariat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur dan pelaksana tugas kepala dinas perikanan dan kelautan provinsi NTT.

Sedangkan Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore dan Wakil Wali Kota Kupang Hemranus Man yang berakhir masa jabatan pada 22 Agustus 2022 adalah pasangan yang diusung oleh Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasiona (PAN).

Keduanya memenangkan Pemilu Kepala Daerah pada 2017 lalu dengan mengalahkan saingannya yakni Jonas Salean dan Nikolaus Fransiskus  yang diusung Partai Golkar.

Pelantikan Penjabat Wali Kota Kupang, berlangsung di aula El Tari Gubernur NTT, Jalan El Tari Kupang dihadiri Forkopimda dan pejabat daerah lainnya.

Gubernur NTT, Viktor Laiskodat pun memimpin pengucapan janji jabatan terhadap Penjabat Wali Kota Kupang, George  Hadjoh yang baru dilantik dengan didampingi rohaniwan.

FOLLOW US