• Nusa Tenggara Timur

Tiga Desa di TTS Dapat Bantuan Air Bersih dari Polda NTT

Imanuel Lodja | Senin, 12/09/2022 23:15 WIB
 Tiga Desa di TTS Dapat Bantuan Air Bersih dari Polda NTT Kapolda NTT Irjen Pol Setyo Budiyanto didampingi Ketua Bhayangkari Daerah NTT, Henny Setyobudi dan Dirlantas Polda NTT Kombes Pol Rahmat Hakim didampingi Selfi Rahmat Hakim melepas keberangkatan bantuan sosial sebanyak 788 jerigen air dan 20 tangki air bersih ke tiga desa yakni Desa Bila, Desa Kium dan Desa Oeou, Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten TTS di Mapolda NTT, Senin (12/9/2022).

KATANTT.COM--Tiga desa di Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), NTT mendapatkan bantuan sosial berupa jerigen air dan air bersih dari Polda NTT.

Aksi sosial ini ditandai dengan penyerahan jerigen air bersih secara simbolis kepada empat perwakilan warga TTS oleh Kapolda NTT Irjen Pol Drs Setyo Budiyanto, SH, MH, didampingi Ketua Bhayangkari Daerah NTT, Henny Setyobudi dan Dirlantas Polda NTT Kombes Pol Rahmat Hakim, SIK, MH, didampingi Selfi Rahmat Hakim di Mapolda NTT, Senin (12/9/2022).

Kapolda NTT Irjen Pol Drs Setyo Budiyanto, bersama Ketua Bhayangkari NTT, dan Dirlantas Polda NTT melepas keberangkatan bantuan sosial sebanyak 788 jerigen air dan 20 tangki air bersih ke tiga Desa yakni Desa Bila, Desa Kium dan Desa Oeou, Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten TTS. Air bersih ini juga akan diberikan kepada masjid Al Ikhlas Desa Bila, Gereja Oemathonis Desa Bila, SD Negeri Bila dan juga SMP Negeri Bila.

Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs Heri Sulistianto, Irwasda Polda NTT Kombes Pol Zulkifli, SST, MK, SH, MM, dan para Pejabat Utama Polda NTT beserta para Pengurus Bhayangkari Daerah NTT juga hadir.

Kapolda NTT Irjen Pol Drs Setyo Budiyanto, menyampaikan bahwa, bantuan ini digelar dalam rangka HUT Lantas Ke-67 yang jatuh pada tanggal 22 September 2022 dan juga Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari Ke-70 yang jatuh pada tanggal 19 Oktober 2022.

"Jadi ini dua kegiatan ini kita rangkaikan dengan sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan air bersih di Kabupaten TTS khususnya di Kecamatan Amanuban Selatan," ujar Kapolda NTT, Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Kapolda NTT Irjen Pol Drs Setyo Budiyanto, menjelaskan bahwa pemberian air bersih ini terlebih dahulu dilakukan survei di Kecamatan Amanuban Selatan.

"Bahwa memang masyarakat Amanuban Selatan, Kabupaten TTS membutuhkan air bersih, mobil tangki akan drop ke bak penampungan, kalau jerigen-jerigen itu, kita akan serahkan langsung ke rumah-rumah. Ada jerigen yang ukuran besar, ukuran sedang dan juga ukuran kecil. Untuk jerigen ukuran kecil nanti akan diserahkan kepada anak-anak sekolah kemudian nanti akan di bawa pulang untuk keperluan rumah tangga dirumahnya masing-masing," jelas Setyo Budiyanto.

Bantuan ini merupakan salah satu partisipasi dari Polda NTT dan juga Bhayangkari untuk membantu kebutuhan masyarakat terutama kebutuhan air bersih di Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten TTS.

Ia juga berharap bantuan ini akan dilakukan secara rutin bagi masyarakat yang membutuhkannya. Saya sudah instruksikan kepada jajaran untuk bantuan air bersih ini tidak hanya untuk hari-hari besar saja. Tetapi saya harapkan bahwa bantuan ini secara reguler, secara rutin, secara kontinyu kita akan lakukan setiap bulan kepada warga masyarakat yang betul-betul membutuhkan air bersih di Kota Kupang maupun di Kabupaten," tambahnya.

Ketua Bhayangkari NTT, Henny Setyobudi juga mengharapkan bahwa bantuan tersebut masyarakat di Kecamatan Amanuban Selatan tidak kekurangan air bersih.

"Selama ini warga masyarakat bukan hanya dihadapkan pada persoalan jauhnya jarak sumber air dan minimnya tempat penyimpanan air bersih, namun juga permasalahan harga air bersih yang cukup mahal. Semoga dengan bantuan yang diberikan ini diharapkan dapat sedikit meringankan permasalahan ketersediaan air bersih bagi warga Kabupaten Timor Tengah Selatan," ungkap Ketua Bhayangkari Daerah NTT, Henny Setyobudi.

"Kegiatan ini merupakan wujud nyata keterlibatan Bhayangkari Daerah NTT untuk ikut serta menangani masalah sosial dan kesehatan, serta bertujuan untuk mendukung program pemerintah guna mewujudkan keluarga tangguh Indonesia, tumbuh. Bhayangkari Jaya," tandasnya.

FOLLOW US