• Nusa Tenggara Timur

14 Hari ke Depan Ada Operasi Zebra Turangga, Kapolda NTT Wanti-wanti Tanpa Komplain Masyarakat

Imanuel Lodja | Senin, 03/10/2022 10:26 WIB
14 Hari ke Depan Ada Operasi Zebra Turangga, Kapolda NTT Wanti-wanti Tanpa Komplain Masyarakat Kapolda NTT, Irjen Pol Setyo Budiyanto memimpin gelar pasukan operasi Zebra Turangga 2022 digelar Lapangan Polda NTT, Senin (3/10/2022)

KATANTT.COM--Selama 14 hari ke depan atau mulai 3 Oktober hingga 16 Oktober 2022, jajaran Polda NTT menggelar Operasi Zebra Turangga 2022 secara menyeluruh. Operasi ini merupakan operasi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat yang mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan persuasif serta humanis.

Operasi bertujuan meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan protokol kesehatan. Operasi meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang menghambat dan mengganggu keamanan, keselamatan dan ketertiban serta kelancaran lalu lintas dan penyebaran Covid-19.

Gelar pasukan operasi Zebra Turangga 2022 digelar di Polda NTT, Senin (3/10/2022) dipimpin Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Setyo Budiyanto, MH.

Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Setyo Budiyanto menyebut kalau masalah lalu lintas berkembang cepat dan dinamis sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan dam populasi penduduk yang butuh alat transportasi sebagai sarana mobilitas.

Keselamatan bagi pengguna jalan menjadi fokus perhatian karena sering diabaikan bahkan dianggap tidak penting ditandai dengan masih rendahnya kesadaran pengguna lalu lintas baik pejalan kaki maupun pengendara dan pengguna jalan lainnya.

Di wilayah Polda NTT, dalam kurun waktu tahun 2021, jumlah kecelakaan lalu lintas sebanyak 1.191 kejadian dengan korban meninggal dunia 375 orang, luka berat 429 orang dan luka ringan 1.408 orang.

Pada tahun 2020, ada 1.125 kejadian atau ada kenaikan jumlah kecelakaan 66 kejadian atau naik 6 persen. Pelanggaran lalu lintas pada tahun 2021 sebanyak 11.316 pelanggaran dibandingkan tahun 2020 sebanyak 25.838 pelanggara atau terjadi penurunan 25.838 pelanggaran atau 69 persen.

Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Setyo Budiyanto berharap operasi Zebra Turangga 2022 dapat menekan jumlah korban fatalitas kecelakaan lalu lintas, meminimalisir kemacetan lalu lintas, meningkatkan kepatuhan masyarakat pada Prokes untuk mencegah covid 19 serta mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas.

Kepada polisi lalu lintas yang menggelar operasi Zebra Turangga 2022, Setyo Budiyanto berpesan agar melakukan deteksi dini, penyelidikan dan pemetaan lokasi rawan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta lokasi penyebaran Covid-19.

Polisi juga diminta melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang keamanan lalu lintas dan bahaya covid 19. "Hindari tindakan kontraproduktif yang dapat merusak citra Polri," pesan Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Setyo Budiyanto.

Setyo Budiyanto juga minta agar jajarannya melakukan operasi Zebra Turangga 2022 dengan baik tanpa ada komplain dari masyarakat. "Kita wujudkan Kamseltibcar Lantas yang mantap dan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan," tandas Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Setyo Budiyanto.

Operasi Zebra Turangga 2022 ditandai dengan penyematan pita operasi oleh Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Setyo Budiyanto kepada perwakilan pelaksana operasi.

FOLLOW US