• Nusa Tenggara Timur

Jenazah Korban Kecelakaan Laut di Rote Ndao, Dimakamkan Serentak

Imanuel Lodja | Senin, 17/10/2022 20:34 WIB
Jenazah Korban Kecelakaan Laut di Rote Ndao, Dimakamkan Serentak Pendeta Ira Radja Pono, STh, saat memimpin ibadah pemakaman tujuh orang korban kecelakaan laut di Perairan Pantai Boa, Desa Boa, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Roda Ndao dengan pengawalan anggota Polsek Rote Barat, Senin (17/10/2022).

KATANTT.COM--Tujuh jenazah korban terbaliknya perahu motor di Perairan Pantai Boa, Dusun Ndundao, Desa Boa, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, dimakamkan Senin (17/10/2022) petang secara serentak. Tujuh jenazah yang dimakamkan itu antara lain Paulus Hangge, Yandri Bunda, Deni Adu, Jendri Bunda, Nikson Mbatu dan Andy Hangge. Sedangkan satu anak perempuan berusia 12 tahun, Putri Bunda.

Prosesi pemakaman yang berlangsung di Gereja GMIT Solavide Boa diawali dengan beberapa sambutan. Sambutan dari perwakilan keluarga korban dilakukan oleh Petson Hangge dan mewakili Pemerintah Daerah adalah Wakil Bupati Rote Ndao, Stefanus M. Saek.

Wakil Bupati Rote Ndao, Stefanus M. Saek menyampaikan duka cita kepada keluarga tujuh korban. "Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Rote Ndao menyampaikan turut berdukacita atas musibah kecelakaan laut yang menelan tujuh korban jiwa," kata Stefanus.

Usai sambutan keluarga dan perwakilan pemerintah, dilanjutkan dengan penyerahan santunan dari Dinas Sosial Kabupaten Rote Ndao kepada perwakilan keluarga berupa uang duka sebesar Rp 5 juta. Penyerahan santunan tersebut dilakukan Wakil Bupati Rote Ndao, Stefanus M. Saek.

Selain santunan, Wakil Bupati Rote Ndao, Stefanus M. Saek juga langsung menyerahkan akte kematian kepada perwakilan keluarga ketujuh korban.

Sementara itu ibadah pemakaman yang mulai dilaksanakan pada pukul 16.40 Wita dipimpin Ketua Majelis Klasis Rote Barat, Pendeta Ira Radja Pono, STh dihadiri Wakil Bupati Rote Ndao, Stefanus M. Saek, anggota DPRD Rote Ndao, Camat Rote Barat, Kapolsek Rote Barat, Kasat Pol PP Rote Ndao, para Kepala Sekolah dan Kepala Desa se-Kecamatan Rote Barat.

Ibadah dan prosesi pemakaman juga dihadiri keluarga para korban dan ratusan warga yang datang untuk memberi penghormatan terakhir bagi para korban. Usai ibadah pemakaman di gereja, sekitar pukul 17.40 wita, ketujuh jenazah korban dibawa ke makam yang telah disiapkan keluarga untuk dikebumikan.

Di tempat pemakaman, ibadah kembali dipimpin oleh Pendeta Ira Radja Pono, STh. Selama berlangsungnya prosesi pemakaman, dijaga oleh anggota dari Polsek Rote Barat dipimpin Kapolsek Rote Barat, Ipda Marfilson Petrus, SH.

Sebuah perahu motor milik Yeremias Nggadas yang baru diuji coba terbalik di Perairan Pantai Boa, Desa Boa, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Roda Ndao, NTT pada Minggu (16/10/2022) sekitar pukul 16.00 Wita.

Kapal yang dinahkodai Paulus Hangge itu mengangkut 41 warga Desa Bo`a. Namun saat akan berputar kembali sekitar 200 meter dari bibir pantai, kapal diduga hilang keseimbangan dan miring sehingga para penumpang terjatuh ke dalam laiut. Perahu motor tersebut diduga mengalami kehilangan keseimbangan karena kelebihan penumpang.

Dalam peristiwa tersebut, tujuh orang meninggal. Dari tujuh orang meninggal enam orang adalah dewasa dan satu orang anak perempuan. Saat ini masih ada 12 orang yang dirawat di Puskesmas Delha, sedangkan korban selamat lainnya telah kembali ke rumah. Dan tujuh orang yang meninggal juga telah diambil oleh keluarga.

FOLLOW US