• Nusa Tenggara Timur

Korban Meninggal Bertambah jadi 17 Orang, Tiga Korban Ditemukan di Bangkai KM Express Cantika 77

Imanuel Lodja | Selasa, 25/10/2022 18:19 WIB
Korban Meninggal Bertambah jadi 17 Orang, Tiga Korban Ditemukan di Bangkai KM Express Cantika 77 Bangkai KM Express Cantika 77 yang hangus terbakar dalam pelayaran Kupang-Alor, Senin (24/10/2022).

KATANTT.COM--Jumlah korban meninggal dunia akibat terbakarnya kapal KM. Express Cantika 77 pada Senin (24/10/2022) saat berlayar dari Kupang menuju Alor bertambah menjadi 17 orang.

Pada operasi SAR hari kedua, Selasa (25/10/2022) tim menemukan tiga jenazah di sekitar bangkai KM Express Cantika 77 yang terbakar.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, I Putu Sudayana Selasa (25/10/2022) sore membenarkan hal itu.
"Total (jenazah) yang ditemukan hari ini ada tiga orang," kata Putu.

Ketiga jenazah tersebut ditemukan di sekitar bangkai kapal yang terbakar oleh tim pencari dalam operasi SAR pada hari kedua ini.

"Korban pertama ditemukan jam 12.15 wita, korban yang kedua (ditemukan) jam 12.24 wita dan korban yang ketiga itu ditemukan 12.32 wita," kata Putu merinci waktu penemuan ketiga jenazah.

Dia mengidentifikasi ketiga korban itu adalah seorang laki-laki dewasa, perempuan dewasa dan seorang anak. "Ada anak satu orang, dan dua dewasa, laki dan perempuan (dewasa)," kata Putu.

Ketiga jenazah korban yang baru ditemukan tersebut saat ini berada di atas kapal KM. Antareja milik Basarnas Kupang. proses pencarian masih terus dilaksanakan.

Dengan penambahan tiga jenazah korban yang ditemukan pada operasi SAR hari kedua ini, jumlah korban meninggal telah mencapai 17 orang.

Sebelumnya ada 14 korban yang meninggal dunia terbakarnya kapal KM. Express Cantika 77 yang terjadi pada Senin (24/10/2022) sekitar pukul 13.40 Wita.

Kapal tersebut terbakar di sekitar perairan Tanjung Gemuk , Desa Afoan, Kecamatan Amfoang Utara, Kabupaten Kupang saat dalam pelayaran dari Kupang menuju ke Kalabahi, Kabupaten Alor.

Kapal tersebut bertolak dari Pelabuhan Tenau Kupang sekitar pukul 11.00 Wita dan hendak berlayar menuju ke Kalabahi, Kabupaten Alor. Namun setelah dua jam pelayaran, kapal tersebut terbakar.

Dari manifest yang ada hanya tercatat 177 orang penumpang yang terdiri 167 penumpang umum dan sepuluh orang ABK.
Namun dari hasil pendataan, sampai saat ini sudah temukan 329 orang yang terdiri dari 17 orang meninggal dunia dan 312 penumpang selamat.

Dari rekaman video yang beredar, saat terjadi kebakaran di KM. Express Cantika 77 terlihat penumpang panik dannaik ke atas palka bagian dengan kapal. Sedangkan di bagian atap kapal juga nampak api membumbung disertai asap tebal.

Dalam rekaman video tersebut juga, para penumpang kapal telah menggunakan rompi pelampung berwarna oranye sambil meminta pertolongan.

FOLLOW US