• Nusa Tenggara Timur

Kasus DBD di Kota Kupang dari 600 Kasus Turun jadi 300 Kasus

Reli Hendrikus | Senin, 28/11/2022 16:57 WIB
Kasus DBD di Kota Kupang dari 600 Kasus Turun jadi 300 Kasus drg. Retnowati

KATANTT.COM--Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati mengakui kasus demam berdarah dengue ( (DBD ) di Kota Kupang mengalami penurun. Secara akumulatif kasus DBD dibanding tahun sebelum mencapai 600 kasus, namun di tahun ini mengalami penurun hanya 300 kasus.

"Dengan adanya gerakan kebersihan lingkungan yang saat ini sedang dilaksanakan, kasus DBD mengalami penurunan, karena ada gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) yakni sampah plastik yang dijadikan tempat bersarang nyamuk sudah tidak ada lagi," kata drg. Retnowati kepada wartawan, Senin (28/11/2022).

Selain gerakan kebersihan lingkungan, lanjut Retnowati, upaya penanganan DBD ini juga dilakukan penaburan abate pada tempat penampungan air.

"Dalam.penanganan DBD salah satunya melalui gerakan masuk got yang telah dilakukan setiap saluran air got yang tidak mengalir kami taburi abate," ujarnya.

Ia menambhakan, melalui berbagai gerakan PSN posisi saat ini penyebaran kasus DBD secara wilayah mengalami penurunan dengan penyebaran kasus hanya di Kecamatan Maulafa dengan lokasi kasus ada di Kelurahan Sikumana, Oepuran dan BTN Kolhua.

"Melalui gerakan yang dilakukan tentunya upaya penanganan PSN tetap menjadi perhatian dalam lingkungan masyarakat secara umum dan terkhusus dalam lingkungan keluarga, melalui gerakan 3 M plus," himbaunya.

FOLLOW US