• Nusa Tenggara Timur

AMSI NTT Resmi Terbentuk, Yohanes Seo Terpilih sebagai Ketua

Semy Andy Pah | Selasa, 29/11/2022 18:54 WIB
AMSI NTT Resmi Terbentuk, Yohanes Seo Terpilih sebagai Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi hadir di Provinsi NTT. Kehadiran AMSI di Provinsi NTT ini ditandai dengan Deklarasi, Seminar dan Konferwil AMSI NTT, di Kampus Universitas Persatuan Guru 1945 NTT, Senin (28/11/ 2022)

KATANTT.COM--Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi hadir di Provinsi NTT. Kehadiran AMSI di Provinsi NTT ini ditandai dengan Deklarasi, Seminar dan Konferwil AMSI NTT, di Kampus Universitas Persatuan Guru 1945 NTT, Senin (28/11/ 2022)

Deklarasi AMSI NTT dihadiri langsung Koordinasi Wilayah (Korwil) AMSI Indonesia Timur, Upi Asmaradhana. Kegiatan ini juga diikuti Ketua Umum AMSI, Wens Manggut dan pengurus pusat lainnya melalui video conference.

Dalam Kegiatan ini dihadiri Penjabat Wali Kota Kupang, George Hadjoh, staf ahli Gubernur NTT, Marianus Jelamu, Ketua BPH PB PGRI, Samuel Haning, Rektor UPG 45, David Selan dan Kaur Penmas Bidang Humas, Iptu Fery Nur Alamsyah.

Usai deklarasi, dilanjutkan dengan seminar dengan tema ‘Bersama AMSI Berantas Hoax di Era Digitalisasi Informasi’ dengan pemateri, Korwil AMSI Indonesia Timur, Upi Asmaradhana, Ketua BPH PB PGRI, Samuel Haning dan Paur Penmas Bidang Humas, Iptu Fery Nur Alamsyah.

Ketua Umum AMSI, Wenseslaut Manggut mengatakan bahwa, kehadiran AMSI di NTT menjadi jembatan bagi masyarakat dalam memenuhi haknya memperoleh informasi yang sehat dari media-media yang kredibel.

“Kehadiran AMSI bukan saja membuat ekosistem digital menjadi baik di masyarakat, tapi diharapkan menjadi ruang untuk kembali melahirkan jurnalisme yang berpihak pada kepentingan publik,” katanya.

Konferwil pertama AMSI NTT yang diselenggarakan di Kampus Universitas Persatuan Guru (UPG) 1945 ini menetapkan Yohanes Seo sebagai ketua dan Johanes Yoseph Henuk sebagai sekretaris AMSI NTT.

Korwil AMSI Indonesia, Upi Asmaradhana mengatakan AMSI NTT merupakan AMSI provinsi yang ke-25 yang dideklarasikan. Jumlah anggota AMSI di seluruh Indonesia kurang lebih 412 dan pembentukan AMSI NTT adalah amanat organisasi, kongres, dan amanat rakernas.

Ia berharap dengan terbentuknya AMSI di NTT, bisa menjadi bagian dari upaya bersama untuk menegakan jurnalisme yang baik, dan juga menjadi mitra sejajar untuk semua pihak yang ada di NTT.

Upi juga berharap kehadiran AMSI NTT bisa meningkatkan kinerja anggota perusahaannya (Medianya), juga untuk meningkatkan kapasitas anggotanya.

“Kita berharap kehadiran AMSI di NTT ini akan menjadi mitra yang baik buat pemerintah, masyarakat khusunya, sehingga kemudian AMSI betul-betul membawa visi-misi yang baik untuk kemajuan bersama,” pintanya.

Dengan adanya 11 media yang menjadi deklarator AMSI NTT, diantaranya nttterkini.id, kriminal.co, katongntt, ekorantt, katantt, nttonlinenow, onlinentt, tajukberitaonline, nttbersuara, lintasntt dan metrobuananews, serta satu anggota yakni floresa," pungkasnya.

Sementara itu, staf ahli Gubernur NTT, Dr. Marianus Jelamu, secara terpisah, menyampaikan profesiat kepada AMSI, baik di pusat maupun di Nusa Tenggara Timur. Ia juga mengaku bersyukur atas kehadiran AMSI di Nusa Tenggara Timur. "Kita harapkan suatu saat media-media online kita bergabung di AMSI dengan memenuhi semua persyaratan,” katanya.

FOLLOW US