• Bisnis

Kadin Peduli UMKM, Buka Toko Oleh Oleh di Kalabahi-Alor Pasarkan Hasil Produk Desa Binaan Bank NTT

Imanuel Lodja | Rabu, 30/11/2022 11:49 WIB
Kadin Peduli UMKM, Buka Toko Oleh Oleh di Kalabahi-Alor Pasarkan Hasil Produk Desa Binaan Bank NTT Ketua Kadin NTT, Bobby Lianto sebagai Dewan Juri Desa Binaan Bank NTT berkesempatan mengunjungi 5 Desa binaan Bank NTT yaitu Desa Alimebung, Desa Kamot, Desa Alor Besar, Desa Aimoli & Kelurahan Kabir - Pulau Pantar.

KATANTT.COM--Baru saja kembali dari Pulau Sumba dalam penjurian Desa Binaan Bank NTT di Sumba Barat Ketua Umum Kadin NTT, Bobby Lianto, MM, MBA, melanjutkan penjurian Desa Binaan Bank NTT di Pulau Alor.

Kali ini Bobby Lianto didampingi Marisa Killa, staf Bank NTT Bidang Parekraf & Desa Binaan. Dan selama yoga hari di Alor, Bobby Lianto sebagai Dewan Juri Desa Binaan Bank NTT berkesempatan mengunjungi 5 Desa binaan Bank NTT yaitu Desa Alimebung, Desa Kamot, Desa Alor Besar, Desa Aimoli & Kelurahan Kabir - Pulau Pantar.

Dalam Kunjungannya hadir Ketua Kadin Alor, Denny Lalitan beserta pengurus Kadin Alor, Kaleb Laamaly ikut mengunjungi kelima desa binaan Bank NTT ini.

Menurut Bobby Lianto, alasan mengajak Kadin Daerah adalah supaya Kadin ALOR dapat berkolaborasi bersama Bank NTT untuk dapat mensupport kebutuhan Desa Binaan Bank NTT

Kebanyakan ibu-ibu di desa adalah para pelaku UMKM yang telah membuat produk produk hasil di desanya yang bisa meningkatkan ekonomi.

Adapun produk tersebut antara lain kripik singkong, keladi, pisang, kue rambut, kue delapan, manisan jahe merah, minyak kemiri, virgin coconut oil, kelor, hiasan dinding dari Kayu, akar bambu, kain Tenun dan produk produk lainnya

"Mereka menyampaikan kesulitan bahwa mereka setelah di produksi produk produk tersebut akan di jual kemana ? Sulit untuk memasarkannya," kata Bobby Lianto.

Karena itu jelas Bobby Lianto, Kadin NTT dan Kadin Alor bersama Bank NTT akan menjawab tantangannya. dan Bobby memberikan tiga solusi untuk memasarkan produk produk desa binaan,

Yang pertama Bobby Lianto mengusulkan Bank NTT mulai dari Cabang Pembantu terdekat, Kantor Cabang Kalabahi, bahkan di Kantor Pusat menyiapkan rak/counter yang memamerkan dan menjual segenap produk hasil desa binaan,

"Yang kedua, puji Tuhan, Kadin Alor berkolaborasi dengan Bank NTT segera di bulan Desember ini akan membuka CfeE & Toko Oleh-oleh Khas Alor yang akan menjual semua produk produk hasil olahan UMKM dari desa desa binaan dan seluruh desa untuk menjawab kebutuhan," jelasnya.

Yang ketiga kata Bobby Lianto, Kadin NTT menyalurkan produk desa binaan ke Kupang lewat beberapa pengurus kadin aplikasi digital seperti Kios Beta.com, Lapakdekra dan La Moringa.

Lewat La Moringa tambah Bobby Lianto yaitu restaurat khas NTT disediakan kelor & se`i yang juga merupakan toko oleh-oleh UMKM NTT.

Selain di Kota Kupang kata Bobby Lianto berpromosi telah dibuka 4 kali lebih besar di Labuan Bajo dan juga sedang di persiapkan akan di buka di Bandara International Changi-Singapura yang merupakan salah satu bandara teramai di dunia.

FOLLOW US