• Nusa Tenggara Timur

Pj Wali Kota Kupang Minta Sekolah Kolaborasi dengan PT Ajar Bahasa Asing kepada Pelajar

Semy Andy Pah | Kamis, 09/02/2023 19:08 WIB
Pj Wali Kota Kupang Minta Sekolah Kolaborasi dengan PT Ajar Bahasa Asing kepada Pelajar Penjabat Wali Kota Kupang, George Hadjoh saat menyambangi salah satu sekolah di Kota Kupang, Selasa (7/2/2023).

KATANTT.COM--Para pelajar di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur didorong untuk bahasa asing. Karena itu, pihak sekolah harus menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi maupun akademi bahasa asing.

Permintaan ini disampaikan Penjabat Wali Kota Kupang, George Hadjoh saat menyambangi sejumlah sekolah di Kota Kupang, Selasa (7/2/2023). Adapun sekolah yang dikunjungi antara lain SMP Negeri 9 Naikoten, SD Inpres Naikoten 1 dan SD Inpres Naikoten 2.

Pesan yang sama juga disampaikan Penjabat Wali Kota Kupang, George Hadjoh kepada para guru dan kepala sekolah yang menemuinya di rumah jabatan Wali Kota Kupang, pada hari yang sama. Para kepala sekolah dan guru berasal dari SMP Negeri 19 Kupang, SD Attin Namosain, SMP Plus Attin, SDI Nunbaun Sabu, SDN Nunhila dan MTSN Kota Kupang.

Penjabat Wali Kota Kupang, George Hadjoh menegaskan seluruh pelajar di Kota Kupang harus mampu menguasai bahasa-bahasa asing. Sekolah memiliki peran penting untuk membentuk dan memberi pendampingan bagi kemampuan para murid agar fasih dalam berbahasa dunia, khususnya bahasa Inggris.

Ia berharap bulan April nanti semua murid sekolah di Kota Kupang sudah bisa mempraktikkan dan melakukan percakapan secara bilingual atau dalam 2 bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

"Mulai sekarang latihan-latihan harus digalakkan di lingkungan sekolah di mana para guru dan murid menghafal sejumlah kata lalu menggunakannya dalam percakapan," ujarnya.

Menurut George Hadjoh, untuk siswa PAUD/TK, setiap hari diwajibkan menghafal 3 kata dengan 1 percakapan. Untuk siswa SD diwajibkan menghafal 5 kata dan 2 percakapan.

"Sedangkan untuk siswa SMP diwajibkan menghafal 10 kata dan 5 percakapan setiap hari untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris," tegas George

George Hadjoh juga minta kepada para kepala sekolah agar segera membangun komunikasi dan meminta dukungan dari sejumlah Perguruan Tinggi untuk membantu memberikan pelatihan bahasa Inggris serta matematika dan ilmu pengetahuan alam.

George menegaskan bahwa sekolah negeri tidak boleh kalah bersaing dengan sekolah swasta yang ada di Kota Kupang.

Selain itu, George Hadjoh berpesan dan mengingatkan para guru dan murid untuk selalu menjaga kebersihan sekolah. Para guru harus memberikan teladan dan bekerja bersama-sama para murid untuk memberikan kepeduliannya dalam membersihkan lingkungan sekolah.

Ia mengatakan alasannya selalu mengunjungi sekolah setiap hari karena sekolah merupakan pintu menuju kesuksesan oleh karena itu mutu pendidikan dan kebersihan lingkungan sekolah harus benar-benar diperhatikan.

FOLLOW US