KASAU Diminta Wajibkan Prajurit TNI AU Makan Kelor

Imanuel Lodja | Selasa, 21/03/2023 11:33 WIB

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat minta Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo agar prajuritnya di seluruh Indonesia mengkonsumsi daun kelor atau marungga. Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menghadiri Pencanangan Pencegahan Stunting Nasional 2023, Senin (20/3/2023).

KATANTT.COM--Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat minta Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo agar prajuritnya di seluruh Indonesia mengkonsumsi daun kelor atau marungga.

"Kalau boleh Pak KASAU lewat Danlanud, kami minta untuk sekitar 10 desa diberikan tanggung jawab kepada TNI AU untuk tanam kelor. Kelor itu kemudian menjadi bahan kelor untuk konsumsi kelor bagi seluruh prajurit," katanya dalam Pencanangan Pencegahan Stunting Nasional 2023, Senin (20/3/2023).

Viktor Bungtilu Laiskodat menyebut Kelor atau Marungga sebagai pohon ajaib. Sehingga dia meminta KASAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo perintahkan seluruh prajuritnya untuk mengkonsumsinya sebagai kewajiban. "Saya minta Kelor itu menjadi bahan konsumsi seluruh prajurit TNI AU di Republik Indonesia, itu wajib karena Kelor merupakan pohon ajaib," katanya.

Menurut Viktor, bagi prajurit TNI AU yang tidak mengkonsumsi Kelor artinya dia tidak menghormati pohon ajaib tersebut. "Jangankan manusia, setan saja takut pohon ajaib ini. Karena orang yang punya ilmu hitam jika diberikan minuman dari Kelor maka dia tidak akan minum," jelasnya dihadapan KASAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Bahkan Viktor bercerita, di NTT terdapat satu suku yang tidak menginginkan pohon Kelor tumbuh di desanya, karena mereka menganggap akan meninggal dunia. "Saya bilang bagus juga ini supaya kalau mereka malas, saya tinggal bawa pohon ini untuk tanam di desa mereka," ujarnya.

Baca juga :

Viktor pun membeberkan manfaat dan kandungan gizi yang terdapat di dalam daun Kelor. Bahkan kandungan gizinya melebihi susu, melebihi buah pisang dan melebihi jeruk yang terdapat vitamin C, melebihi buah nanas dan wortel.
"Cukup minum satu cangkir teh kelor, sudah bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan nutrisi yang ada dalam tubuh," ungkap Viktor.

Menanggapi permintaan Gubernur NTT, Viktor Laiskodat, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menegaskan bahwa pihaknya siap melaksanakannya, dengan mewajibkan seluruh jajaran dan prajuritnya konsumsi Kelor. "Kami siap memperkenalkan kelor ini," katanya.

Menurutnya, TNI AU akan memperingati HUT Ke-77 dan Kelor akan diusahakan untuk dikenalkan kepada internal maupun khalayak ramai pada saat upacara peringatannya. "Dalam satu bulan saya jamin seluruh Lanud dan Satuan-satuan TNI AU di seluruh Indonesia harus minum daun kelor," tegas Fadjar Prasetyo.

TAGS : Gubernur NTT Kasau Kelor Stunting